Nintendo Resmi Kalahkan Penyedia Jasa “Mario Kart” di Pengadilan

Nintendo Resmi Kalahkan Penyedia Jasa “Mario Kart” di Pengadilan

Ingatkah gamer dengan perseteruan antara Nintendo dengan MariCar, perusahaan penyedia jasa tur ala Mario Kart di kawasan Akihabara? Dalam proses persidangan yang digelar di awal tahun 2020, pihak pengadilan memutuskan untuk memenangkan gugatan Nintendo. Kini, secara resmi pengadilan menutup kasus yang melibatkan kedua perusahaan dan memastikan kalau Nintendo-lah yang “keluar sebagai pemenang.”

MariCar, yang sekarang berganti nama menjadi Street Kart Akihabara, diharuskan membayar ganti rugi sebesar 50 juta yen. Pasalnya, mereka telah melanggar hak cipta karena telah memakai karakter-karakter Nintendo secara ilegal dalam layanan yang mereka sediakan. Walau sempat mengajukan banding, pengadilan tinggi Jepang menolaknya dan tetap memberikan kemenangan pada pihak Nintendo.

Sebenarnya, terdapat sejumlah perusahaan yang menawarkan jasa tur serupa memakai gokart. Namun, hanya MariCar alias Street Kart Akihabara yang menyediakan kostum beragam karakter dari game Mario Kart kepada para pesertanya. Selain melanggar hak cipta, terjadinya sejumlah kecelakaan dalam tur tersebut membuat Nintendo bertindak tegas untuk melindungi intellectual property miliknya.

Nintendo melayangkan gugatan di tahun 2017, dan pengadilan memutuskan bahwa Street Kart harus membayar ganti rugi sebesar 10 juta yen. Setelah naik banding, mereka kembali mengalami kekalahan, dan ganti rugi yang harus dibayarkan justru bertambah menjadi 50 juta yen!

Selain kalah di persidangan, Street Kart terancam gulung tikar karena pandemi COVID-19 menyebabkan peminat tur “Mario Kart” berkurang secara drastis. Sayangnya, usaha crowdfunding campaign yang mereka gelar pun tidak membuahkan hasil. Menurut SoraNews24, hal itu dikarenakan penduduk lokal tidak menyukai layanan tur memakai gokart yang mereka sediakan.

Di lain pihak, Nintendo memberikan kesempatan pada masyarakat untuk merasakan keseruan Mario Kart secara realistis di Super Nintendo World. Semua itu dapat dirasakan dalam wahana AR rollercoaster dalam theme park bertema Nintendo, yang terdapat di Universal Studios Japan. Menurut info, Super Nintendo World akan dibuka untuk umum pada 4 Februari 2021. [Aseek]

Baca:  Musim Dingin Hadirkan Penawaran Spesial di Black Desert SEA

The post Nintendo Resmi Kalahkan Penyedia Jasa “Mario Kart” di Pengadilan appeared first on GameStation.